Uncategorized

Santri yang Berjiwa Amanah

Oleh : Mahrus Ali*
IMG_3579

Berada di sebuah  pesantren yang bernama “PONDOK PESANTREN KADER BANGSA DARUL ULUM WALHIKAM” yang khusus untuk para santri yang juga berstatus sebagai mahasiswa di berbagai kampus yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dipondok ini para santri  di beri berbagai kegiatan dan juga belajar baik itu kitab-kitab kuning yang sudah menjadi kajian wajib di setiap pesantren dimanapun yang ada di seluruh indonesia.

Pondok pesantren ini didirikan oleh  para tokoh dari setiap pesantren yang ada di seluruh indonesia yang peduli  akan regenerasi para pemimpin bangsa dan negara indonesia karena dilihat dewasa ini sangat minim sekali kader-kader pemimpin berjiwa amanah yang diharapkan mampu untuk memajukan negara indonesia baik dalam hal keilmuan yang bersangkutan dengan agama dan juga kebangsaan dan lain sebagainya, juga yang terpenting adalah melanjutkan estapet pejuangan Nabi Muhammad SAW dalam meyebarkan agama Allah SWT di bumi indonesia.

Dipesantren ini berbagai kegiatan dilakoni dari mulai belajar kitab-kitab kuning, jurnalistik, pembuatan Film, hadrohan, Memasak aneka makanan, dan banyak lagi yang lainnya yang mendukung pada kekreatifan yang ada pada diri setiap santri dan juga santriawati di pesantren kader bangsa ini yang insyaallah bertujuan mulia semoga tujuan yang mulia ini senantiasa mendapat ridho dan berkah dari  Allah SWT.

Latar belakang santri yang berbeda-beda dan juga dari daerah yang berbeda pula menjadi tantangan  tersendiri didalam pondok karena untuk menyatukan setiap karakter  yang ada menjadi utuh menjadi sebuah keluarga besar Pondok Pesantren Kader Bangsa Darul Ulum Wal hikam membutuhkan waktu dan juga proses yang cukup lama karena itu tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Itu semua membutuhkan rasa memiliki satu sama lain sebagai sebuah keluarga besar.

Tapi perbedaan semua itu akhirnya bisa diatasi juga dengan berbagai solusi dari para santri dan santriawati untuk mencapai kebersamaan, keserasian dan keselarasan di dalam menjalani kehidupan dan kegiatan sehari-hari di Pondok tercinta  yaitu pondok yang sering kali di singkat dengan singkatan Pondok pesantren Kader Bangsa “DAWAM” yaitu kepanjangan dari pondok Kader Bangsa Pesantren Darul Ulum Wal Hikam. Semua santri berjumlah 30 orang yang terdiri dari santriawan yang berjumlah 22 orang dan santriawati berjumlah 8 orang.

Semoga apa yang dicita-citakan oleh para tokoh yaitu mencetak para pemimpin yang berjiwa amanah di masa depan nanti dapat tercapai dan terwujudkan. Menjadikan indonesia maju dan menuju arah yang lebih baik, dan semoga cita-cita yang mulia itu dapat tercapai dan terlaksan. Dan juga mudah-mudahan seperti nama pesantren ini tetap “ DAWAM “ langgeng sampai akhir nanti. Amiin yaa rabbal ‘aalamiiin.

*Penulis adalah salah satu santri putra ponpes Darul ‘Ulum wal Hikam Yogyakarta dan Mahasiswa Prodi MPI, Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Flag Counter
%d blogger menyukai ini: