Artikel

Nikmati Hidup Dengan Cobaan

Oleh : Siti Maghfirotun N.*
 

Kehidupan di dunia pastinya akan menemui  banyak cobaan dan masalah-masalah yang arah melintang mengiringi hari-hari kita dalam mejalani hidup.Terkadang cobaan itu membuat kita putus asa dan malas dalam menjalani hari-hari berikut.Nah,,mengapa Alloh memberikan cobaan?.Cobaan atau musibah merupakan bentuk isyarat atau sinyal yang di kirimkan Alloh kepada kita.Ada pepatah mengatakan”orang pandai selalu mampu menangkap isyarat.

Di butuhkan kepekaan hati untuk menangkap isyara-isyarat itu.Peka dengan keadaan dan kondisi kita saat cobaan itu datang.Banyak orang yang tidak mengetahui hikmah, jika kita berhasil melewati cobaan demi coabaan yang telah di berikan Alloh.Kebanyakan orang sering berfikir negative tentang cobaan yang telah di berikan Alloh dan sering berkata bahwa  Alloh tidak adil,dan merasa bahwa hanya dirinya yang di beri cobaan,padahal Alloh memberikan cobaan di dunia itu kepada manusia di muka bumi ini tanpa terkecuali.Alloh memberikan cobaan kepada hambanya sesuai dengan kadar keimanannya,jika iman seseorang tinggi maka cobaan tersebut juga tinggi seperti cobaan para Nabi.Bukankah jika Pohon semakin tinggi maka makin besar pula angin yang menerjangnya.Begitu juga dengan tingkat keimanan,jika tingkat keimannya tinggi maka cobaanya akan tinggi sedangkan jika tingkat keimananya rendah maka Alloh akan memeberikan cobaan sesuai dengan kemampuannya.

Setiap cobaan atau musibah pasti ada hikmah di balik semuanya itu.Namun banyak orang tidak menyadarinya.Alloh memberikan cobaan kepada hambanya merupakan bentuk bahwa Alloh sayang dan cinta kepada hambanya.Seperti analogi,seorang guru memberikan tugas atau soal yang sulit kepada muridnya apakah lantaran guru benci kepada muridnya??jawabanya tidak,malah justru  guru sayang kepada murid-muridnya karena agar mereka kelak bisa menghadapi tantangan masa yang akan datang.Begitu juga Alloh memberikan cobaan karena Alloh sayang kepada kita.Cobaan-cobaan yang di alami sesungguhnya bermanfaat untuk mendekatkan diri kepada Alloh.Banyak orang baru memaknai hidup saat mereka di timpa cobaan atau musibah. Oleh karena itu cobaan bisa mejadi sarana untuk mengintropeksi diri, betapa banyak waktu yang kita pergunakan untuk mensyukuri semua kenikmatan yang di berikan Alloh,sementara hanya sedikit waktu yang bisa di pergunakan untuk menunaikan kewajiban sebagai rasa syukur atas nikmat-nikmatnya Alloh.Cobaan juga baik sebagai wahana untuk semakin menempa diri dalam menerima semua ketentuan.Kita harus ihklas dalam menghadapi cobaan-cobaan Alloh.Hidup itu indah jika kita mengindahkan hidup dengan selalu bersyukur,ihklas,sabar dan berfikir positif.Serahkanlah semuanya kepada Alloh karena Alloh adalah sebaik-baiknya penolong dan pemberi solusi terbaik.Alloh yang memberi cobaan atau musibah maka kembalikanlah cobaan itu kepada Alloh.

Cara menghadapi cobaan Alloh bisa kita menggunakan hukum omh.Apa sih hukum omh itu. Ini merupakan salah satu hukum eksperimental yang dilakukan oleh ahli fisika yang bernama “Goerge Ohm”, pada kurang lebih 200 tahun yang lalu. yang berbunyi V = I x R. Dimana V adalah tegangan, I adalah Arus, dan R adalah Resistan/Tahanan/Hambatan. Dimana R adalah konstanta yang merupakan tahanan dari batang tembaga, Konstanta ini memberikan hubungan yang linear antara tegangan dan arus. Dari rumus diatas, kita mendapatkan kesimpulan bahwa, semakin besar Arusnya dan juga semakin besarnya Tahanan/Hambatan, maka akan semakin besar pula nilai V (tegangan) yang kita dapat.Dapat di simpulkan bahwa semakin besar, Cobaan/Ujian (R) yang diberikan oleh-Nya, semakin besar pulai nilai (V) anda dihadapan Allah Ta’ala. Semakin besar arus (I) yang engkau berikan untuk menghadapi cobaan/ujian (R) yang diberikan oleh-Nya, maka semakin besar pula nilai (V) anda dihadapan Allah SWT. Jadi kalau kita mendapati cobaan/ujian yang sangat berat dan kita hadapi dengan nilai yang besar pula, maka akan sangat besar nilainya dihadapat Allah SWT. Tapi jangan sampai cobaan/ujian yang diberikan oleh-Nya, tidak kita hadapi (memberikan arus I) maka nilainya akan jadi NOL besar dihadapan-Nya. Maka beruntunglah orang-orang yang diberikan oleh Allah SWT cobaan ataupun Ujian yang sangat besar, dan diharapi dengan semangat yang besar pula, Sesungguhnya anda dihadapan Allah SWT sangat besar nilainya. Just Enjoy The life!!!!

*Penulis adalah salah satu santri putri ponpes Darul ‘Ulum wal Hikam Yogyakarta dan Mahasiswa Prodi BSI UNY

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Flag Counter
%d blogger menyukai ini: