Resensi

Menjadi Pemimpin Efektif

Oleh : Arif Sudrajat*
Foto-0801
Judul Buku           : How To Be Better Leader… Menjadi Pemimpin Efektif
Penulis                 : Rupert Eales-White
Penerbit                : Elex Media Komputindo
Tebal                     : xv + 176 Halaman
Kepemimpinan yang efektif merupakan kunci bagi pekerjaan seorang manajer yang menuntut berbagai macam keahlian seperti member motivasi dan mengembangkan staf, membentuk team work dan mengelola perubahan. Sosok seorang pemimpin yang “lebih baik” atau lebih efektif dan memiliki  rencana tindakan yang lengkap untuk meningkatkan kerja pimpinan dan staf perusahaan.
Hal mendasar yang perlu dimengerti adalah pemahaman tentang kepemimpinan yang efektif. Titik awalnya adalah membangun pemahaman apa yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Untuk meraih tujuan ini kita mulai dengan menempatkan kepemimpinan dalam ruang lingkup kerja, sebuah peran yang dijalani dalam pekerjaan serta peran penting softskill tersebut guna meraih tujuan besar serta merealisasikan visi misi perusahaan. Kita juga akan menelisik lebih dalam tentang hal-hal apa saja yang menjadi syarat serta kunci sukses untuk menjadi pemimpin efisien(lebihbaik).

Tahap selanjutnya adalah memaksimalkan fleksibilitas dan pilihan. Karakter manusia yang tidak sama akan membangun gaya atau cara memimpin yang berbeda pula, tentu dengan hasil yang berlainan. Tak bisa dipungkiri pemimpin akan disuguhkan berbagai macam pilihan gaya memimpin yang cocok digunakan sesuai dengan karakter pribadi. Dua hal yang harus dilakukan beriringan adalah memilih gaya kepemimpinan yang digunakan serta menyesuaikan gaya kepemimpinan tersebut dengan karakter masing-masing pemimpin. Sehingga diharapkankan timbul sebuah koherensi berkesinambungan antara orientasi kepemimpian dengan jenis kepribadian anda.

Mengarah pada bab berikutnya mengenai penghilangan kesenjangan persepsi. Potensi timbulnya kesenjangan antara keinginan dan perwujudan perilaku cukup memberikan batas-batas efektivitas kita sebagai pemimpin. Secara logika tentu ketika keefektivitasan memimpin terbatasi hasilnya kemungkinan tidak sesuai yang bdiharapkan. Oleh karena itu dalam buku ini juga dibahas tentang perihal yang menyebabkan kesenjangan itu muncul, akibat kesenjangan tersebut serta strategi apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Ketika di tempat kerja apakah kita termotivasi atau tidak akan menentukan seberapa baik hasil usaha kita dalam memimpin. Dengan melihat hasil kerja yang telah dilakukan, kita akan mengetahui sejauh mana titik akhir usaha bergeser  dari tujuan mula-mula. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apa yang memotivasi anda ditempat kerja dan apa pula yang dibutuhkan di tempat tersebut. Beberapa hal yang mungkin menjadi sebuah dorongan semangat dalam memimpin sebuah perusahaan adalah gaji tinggi, lungkungan yang ramah, status serta hal-hal lain yang mampu memotivasi kinerja kita. Untuk permasalahan kebutuhan kita saat bekerja didasarkan pada hirearki kebutuhan maslow. Hal yang paling penting diatas adalah bagaimana strategi kunci untuk memotivasi guna menjaga stabilitas serta dinamisnya kinerja seorang pemimpin.
Hal lain yang diperlukan menjadi pemimpin efektif adalah keahlian dalam mengajukan pertanyaan yang efektif. Hal tersebut meliputi pengajuan pertanyaan secara benar, menganalisis percakapan serta apa yang harus dilakukan untuk bertanya secara efektif. Konsekuensi kita bertanya adalah mendengarkan penjelasan apa yang kita tanyakan dari orang lain. Meskipun hal yang sederhana, namun untuk mendengarkan secara efektif ternyata tidak mudah. Dalam buku ini dijelaskan mengenai alasan mengapa mendengarkan itu sulit serta bagaimana menjadipendengar yang lebih baik.
Kreativitas sangat diperlukan oleh seorang pemimpin efektif. Maka dari itu merupakan hal yang wajib bagi pemimpin untuk mengembangkan kreativitasnya guna memberikan terobosan yang me narik bagi perusahaan. Ketika kreativitas tersebut muncul dan berkembang dengan baik pemimpin akan mampu meningkatkan kinerja stafnya. Sebelum memperbaiki kinerja staf pemimpin harus berfo9kus pada arena utama.
Buku ini juga menjelaskan tentang kerja sebuah tim. Alasan mengapa mengapa diperlukan membangun sebuah tim kerja. Namun sebelum membangun sebuah tim, pemimpin harus mengetahui bentuk tim yang efektif.
Selanjutnya mengenai reaksi terhadap perubahan. Pemimpin yang efektif seharusnya tahu bagaimana mengkondisikan tim yang sudah dibuatnya untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Sehingga tim yang sudah dibangun tetap berdiri kokoh ditengah-tengah arus perubahan. Di bab selanjutnya membahas mengenai diri seorang pemimpin itu sendiri serta peninjauan dan perencanaan menjadi pemimpin yang efektif.
Buku ini memilki gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Sehingga dimungkinkan jika pembaca akan cepat mengerti isi buku serta menginterprestasikan terhadap dunia kerja yang nyata. Selain itu buku tersebut menjelaskan setiap pokok bahasan secara terperinci dan sistematis. Dengan karakter dan isi, buku ini sangat sesuai dibaca oleh setiap orang yang menginginkan dirinya menjadi pemimpin dalam dunia kerja .
*Penulis adalah santri Darul ‘Ulum dan mahasiswa Prodi Fisika UNY

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Flag Counter
%d blogger menyukai ini: